Let's Go Pumping lembaga Pendidikan Islam

Let's Go Pumping lembaga Pendidikan Islam
Tingkatkan kualitas Moslem Generation

Rabu, 31 Maret 2010


Reviewer Buku

Judul Buku : Sekolah? Siapa Takut?
Karangan : Jeanne Shay Schumm, Ph.D
Penerbit : Kaifa
Cetakan : II, 2004
Tebal : 182 hlm
Peresensi : Miftahul Aziz, S.E

Siapa sangka sekolah mudah? Sekolah butuh panduan agar berhasil belajar disekolah. Kebanyakan anak-anak sekolah tanpa diajarkan bagaimana cara sekolah yang baik, bagaimana cara mencatat , bagaimana komunikasi dengan guru dll. Petunjuk belajar tentang kiat, teknik, dan strategi belajar dipaparkan di buku ini. Yang lebih menarik terdapat juga studi kasus para siswa yang memberikan tip & trik pada buku ini, jadi seperti pembelajaran teman sebaya gitu.
Pada bagian siap melangkah siswa akan diajari untuk menciptakan pusat belajar, menata lingkungan belajar, mengelola waktu yang baik, dan mengatasi masalah dalam mengerjakan PR.

Bagian Menyimak dan Mencatat berisi mengapa siswa harus mencatat, kiat-kiat untuk mencatat, dan trik untuk membuat catatan untuk mudah dipelajari. Secara tidak langsung siswa dibawa ke minat belajar yang terstruktur dengan cara yang berguna dan ringan. Bahkan cara untuk menangkap sesuatu ilmu dalam kegiatan pengamatan.
Sedangkan pada bagian Ngomong Dong, para pebelajar diajak untuk mempelajari kata baru yang dapat membantu dalam mengemukakan pemikiran dan perasaannya. Mempelajari kata-kata baru tidak hanya pada saat di sekolah tapi juga saat bersama teman, ortu, maupun saat nonton TV. Kiat-kiat untuk berdiskusi di kelas juga dibahas di buku ini, anak-anak tertantang untuk memengajukan pertanyaan dalam diskusi dengan teman lainnya. Pokoknya siswa yang gak biasa aktif dalam berdiskusi akan lebih aktif dan berani.

Bagi peserta didik yang kurang berminat membaca, pada bagian Menjadi Pembaca yang Lebih Baik akan menuntunnya untuk lebih cinta membaca. Sepuluh cara untuk mempertajam ketrampilan membaca telah disediakan pada bagian ini, diantaranya : 1). Meluangkan waktu untuk membaca hal-hal yang kamu minati 2). Tingkatkan rasa ingin tahu untuk kata-kata baru 3). Bacakan buku untuk anak kecil atau adik kamu 4). Sering-seringlah pergi ke perpustakaan, Dll.

Jika anda tergolong siswa yang kurang memiliki kompetensi untuk menulis sebaiknya baca bagian ini, karena bagian Menulis dengan Benar akan mengajakmu berpetualang untuk berlatih membuat produk tulisan sampai kamu menjadi tangguh menulis berbagai macam tulisan seperti ; menulis paragraph, menulis cerita, menulis esai, puisi, ulasan buku, makalah penelitian dll.

Bagian Belajar lebih cerdas ini adalah bagian yang menurut saya paling penting karena didalamnya terdapat cara-cara mengingat apa yang kamu pelajari, membentuk kelompok belajar beserta langkah-langkah sebelum dan sesudah sesi belajar. Selain itu siswa juga diajak mengingat kembali pelajaran yang dipelajarinya dan memperkirakan sosl-soal yang akan keluar dalam ujian ataupun UAN. Siswa akan siap menghadapi even-even ujian, karena sebelumnya telah dibekali strategi ini.
Bagian terakhir buku ini berisi lampiran-lampiran dan table yang bisa membantu siswa dalam mengelola waktu, rencana kerja harian, target-target kompetensi untuk tahun pelajaran, panduan untuk membaca cerita, lembaran tugas dll. Jika lampiran dan format-format tersebut digunakan dan diisi akan mempermudah pebelajar dalam memantau portofolionya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar